Minoxidil Repack Berkedok Beard Serum?

Minoxidil Repack Berkedok Beard Serum?

Assalamuallaikum bro! Belakangan banyak yang nanya khasiat dan pendapat tentang beard serum lokal ke  gue. Di artikel ini gue mau mencoba meluruskan banyak hal sekaligus ngasih info kenapa fabron.id ga ikut-ikutan buat.

Buat para pejuang brewok yang senior-senior istilah seperti, velus, terminal, dht, minoxidil, dll. itu udah biasa mereka denger. Namun belakangan munucul produk-produk yang mengklaim sebagai serum, elixir, dll. setelah dicek kandungannya memang mengandung minoxidil. Bedanya dengan minoxidil yang biasa kita temuin ada campuran seperti vitamin e, essential oil, sampai lc lt yg lagi ngetrend belakangan ini.

Gue sangat menyayangkan semua produk ini rata-rata repack dari minoxidil Kirkland dan dijual bebas. 

Kenapa?

Mencampur atau memproses kandungan ini tanpa proses yang jelas dengan regulasi yang jelas tentu sesuatu yang berbahaya. Kita ga tau efek jangka panjangnya seperti apa. Apalagi kita tahu sampai detik ini belum ada pernyataan resmi dari badan kesehatan manapun yang menyatakan bahwa minoxidil 5% itu boleh untuk wajah.

Mungkin akan ada yang klaim, 

“yah memang ini asalnya sama tapi kan ini kita racik sendiri menjadi sebuah serum dan berkhasiat.” 

Ya pasti berkhasiat. Kandungannya ada minoxidil.

Tapi bukan berarti Fabron anti dengan racikan. Toh nyatanya, fabron.id juga membuat produk dengan proses pencampuran ala home industry yaitu, PEOMIX. Tapi, paling tidak ujikan dulu dr berbagai macam penilitian di lab dan pertimbangkan komposisinya. Karena pertimbangan ini sangat penting, terlebih lagi minoxidil termasuk kategori obat keras (sumber alodokter.com). 

Lalu bagaimana dengan peomix?

Kandungan utama dari peomix adalah pepermint essential oil yang asal muasalnya dari daun peppermint yang diekstrak menjadi sebuah minyak. Bahkan, untuk mendapatkan sedikit mililiter peomix dibutuhkan kiloan daun peppermint. Peppermint essential oil bukan termasuk obat keras. Tanpa mengandung alkohol dan kandungan-kandungan tambahan yang digunakan adalah ekstrak minyak alami seperti jojoba oil, dll. Peomix juga sudah melalui tahap uji lab.

Terus, apakah kita boleh pakai minoxidil campur lclt, campur jojoba, vit e, campur peo, campur indomi, campur kuah soto?

Ya boleh-boleh aja. Bahkan, founder dari fabron.id menggunakan minoxidil + lclt (diracik sendiri). Namun, untuk kita jual secara masal atau jual secara eceran, jelas gue menolak. Karena jika ingin menggunakan produk racikan yang mengandung obat keras pada dasarnya adalah “do with your own risk”.

Jadi gue menghimbau jika ingin menggunakan minoxidil sebaiknya hanyak gunakan minoxidil-minoxidil yang memang keluaran brand jelas dan berlabel FDA atau BPOM, contohnya:

  • Kirkland
  • Rogaine (pionir)
  • Foligaine
  • Regrou forte, dan banyak lainnyaaa
Ayo mulai restock lagi amunisi lo bro. Cari amunisi brewok yang lo butuhkan sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *