Kaitan Jenggot Dengan Islam

Kaitan Jenggot Dengan Islam

Saat ini brewok dan jenggot udah jadi trend! Yeah! Perubahan mindset dulu yang mengecap orang brewok dan jenggot itu “jorok” dan tidak hiegenis sekarang mulai berubah. Brewok dan jenggot saat ini sudah menjadi trend, bahkan menjadi karakter. Orang yang memiliki brewok dan jenggot terlihat lebih maskulin, macho dan berkharisma.

Tapi bro bro tau ga sih hubungannya brewok dan jenggot dengan sudut pandang Islam? Kali ini Fabron mau coba merangkum informasinya dari berbagai sumber nih. Kita bahas dari sejarahnya, dalilnya, dan hukumnya.

Sejarah mengenai jenggot dalam Islam

Beranjak dari hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim dari Maimun bin Mahran yang bersumber dari Ibnu Umar, ia berkata bahwasannya Rasulullah SAW ingat akan orang majusi yang selalu membiarkan kumis dan memangkas jenggotnya. Maka Rasulullah SAW pun menyuruh untuk berbeda dengan mereka. Diceritakan dari Ibnu Al-Nujjar yang bersumber dari Ibnu Abbas, ia berkata, ada seseorang datang menemui Rasulullah Saw. dari negeri Ajam, ia memangkas jenggotnya dan memelihara kumisnya. Maka Rasulullah SAW pun bersabda, ”Jauhilah hal semacam itu, akan tetapi potonglah kumis kalian dan biarkan jenggot kalian.”

Pada masa Rasulullah SAW, terlihat kesamaan penampilan dan budaya antara Muslim dan non-muslim yang sama-sama dari bangsa Arab. Sehingga dibutuhkan suatu identitas untuk membedakan antara keduanya.  Rasulullah Saw. sebagai pemimpin umat tentu mengetahui keadaan umatnya dan mengerti berbagai persoalan yang dihadapi termasuk perihal identitas seorang Muslim pada masa itu. Dengan demikian, beliau bermaksud untuk memberikan ciri khas terhadap umat Islam yang kiranya dapat menjadi pembeda antara umat Islam dengan umat lainnya.

Dalil mengenai jenggot

Ada beberapa dalil mengenai jenggot yang udah terbukti ke-shahih-annya. Diantaranya:

  • Dari Ibnu Umar Ra. berkata bahwa Rasulullah SAW. bersabda, “Berbedalah dengan orang-orang musyrik. Panjangkanlah jenggot dan potonglah kumis.” (HR. Bukhari)
  • Dari Abu Hurairah Ra. bahwa Rasuulllah SAW. bersabda, “Pendekkan kumis dan panjangkan jenggot, berbedalah kalian dengan orang-orang majusi.” (HR. Muslim)
  • Dari Aisyah Ra. dari Nabi Muhammad SAW. bersabda,” Ada sepuluh perkara yang termasuk fitrah, yaitu memendekkan kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung), memotong kuku, membasuh sela-sela jari, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, insinja (cebok) dengan air, dan rajin berkumur.” (HR. Muslim)
  • Dari Ibnu Umar Ra. berkata bahwa Rasullah SAW. bersabda, “Cukur habislah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Bukhari)
  • Dari Ibnu Umar Ra. berkata bahwa Rasullah SAW. bersabda, “Potong pendeklah kumis dan biarkanlah (peliharalah) jenggot.” (HR. Muslim)
  • Dari Abi Imamah, Rasullah Saw. bersabda, “Potonglah kumis kamu dan peliharalah jenggot kamu, tinggalkan (jangan meniru) ahl al-kitab.” (HR. Ahmad dan Tabrani)

Hukum mengenai jenggot itu sendiri nih bro

Ada beberapa pendapat ulama mengenai hukum memelihara jenggot. Sebagian berpendapat bahwa memelihara jenggot adalah wajib hukumnya, ada yang berpendapat sunnah, dan ada juga yang berpendapat mubah atau boleh. Bro bro semua bisa sesuaikan dengan pemahaman yang di dapat dari guru-guru agama Islam bro bro semua.

Kalo bro bro kepengen punya brewok dan jenggot, dan pengen jalanin sunnahnya tapi ga punya “bakat” brewok. Bro bro coba baca tentang produk brewok yang lagi heboh di Indonesia ini deh -> Kenapa Sih Minoxidil Bisa Numbuhin Brewok Secara Efektif?

Begitu deh kurang lebihnya rangkuman dari Fabron. Kalo ada yang kurang atau salah kata tolong diperbaikin ya. Tinggalin aja informasinya di kolom komen. 🙂

Sumber berita: dalamislam.com, asmaraku.com, muslimafiyah.com