Brewok Alamin Rontok? Ini Dia Penyebabnya!

Brewok Alamin Rontok? Ini Dia Penyebabnya!

Bismillah

Rontok. Satu kata horor buat para pejuang brewok. Yaaa gimana engga, udah sabar-sabar dan tekun, eeeeeeh mulai rontok. Kan kesel ya hehe 

Tapi secara ilmiahnya apakah rontok itu sesuatu yang normal atau tidak? Sesuai dengan request dan keluhan lo mengenai rontok. Di artikel ini akan gue bahas.

Bulu sebagai bagian dari tubuh yang mana prosesnya pun melibatkan banyak faktor. Tentunya juga prosesnya ga sederhanya. Karena tubuh membutuhkan bahan bakar untuk bisa “memproduksi” bulu. Jika salah satu bahan bakarnya kurang, maka pertumbuhan akan melambat. 

Bulu memiliki fase dan progresnya sendiri. Biasa kita sebut siklus hidup bulu. Iya, bulu punya “kehidupan”nya sendiri. Salah satu siklus hidupnya adalah rontok. Jadi rontok itu normal-normal saja. Sudah jadi bagian dari kehidupannya.

Ada 3 siklus yang akan di alami oleh bulu. Siklus itu adalah Anagen, Telogen dan Catagen.

Sumber: Smargraft

Anagen

Siklus dimana bulu sangat aktif tumbuh. Siklus ini adalah siklus bulu terasa cepet banget tumbuh. Biasanya bisa sampai lebih dari 1cm dalam sebulan. Waktu lama siklus ini pun berbeda setiap orang. Ga bisa disamain. 

Catagen

Fase dimana bulu stop tumbuh. Setelah aktif-aktifnya tumbuh bulu akan berhenti tumbuh. Seperti halnya stuck. Bulu tetap segitu-gitu aja ukurannya. Lama waktunya pun beda-beda. Ada yang 2 minggu, ada yang 4 minggu, dll. Tidak bisa disamakan satu dengan lainnya.

Telogen

Ini adalah siklus yang terakhir. Siklus ini adalah fase dimana folikel rambut sedang “tidur”. Fase rontok atau shedding sering terjadi di siklus ini. Lamanya fase ini pun bisa beragam. Bisa jadi 2-4 bulan akan mengalaminya. Setiap orang berbeda-beda ngalaminnya. 

Setelah itu akan kembali lagi ke siklus Anagen dan terus berputar selama kita hidup. Sedangkan biotin bukan menghentikan rontok tapi mengurangi rontok-rontok karena bulu yang ga sehat.

Bulu ga sehat itu karena nutrisi untuk si bulunya kurang. Penuhi konsumsi biotin lo setiap harinya bro. Boleh dari sumber makanan atau suplementasi biotin.

Rontok saat vellus!

Tapi penjelasan itu untuk siklus bulu pada umumnya, seperti rambut. Gimana dengan vellus?

Para pengguna minoxidil pasti akan ngalamin hal ini. Beberapa expert nyebutnya sebagai “minoxidil shedding phase” atau fase rontok minoxidil. Ini NORMAL. Vellus yang rontok akan tumbuh berganti ke terminal hair. 

Saat fase ini tetep lanjut oles minoxidil, ya.

Jadi kesimpulannya, rontok itu bagian dari hal yang normal. Sudah menjadi siklusnya bulu. Semoga ini menjawab dan mengurangi rasa cemas lo broo. 

One Comment

  1. Saya pernah mencoba beberapa produk penumbuh brewok, mulai secara alami atau produk pabrikan. Tapi gak mempan. Hingga akhirnya saya nonton YouTube dan disitu banyak testimoni tentang penggunaan minoxidil. Akhirnya saya pun mencoba memakai minoxidil, dalam sebulan mulai kelihatan velus awalnya..sekarang penggunaan bulan kedua, semoga cepat lebat..semangat terus buat pejuang brewok💪💪💪

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *