Sumber Biotin Pada Makanan Sehari-hari

Sumber Biotin Pada Makanan Sehari-hari

Assalamuallaikum bro. Seperti yang kita tau, biotin punya peran penting dalam numbuhin brewok. Ini dikarenakan biotin punya peran penting menyehatkan bulu dan kuku. Biotin juga sudah masuk dalam kategori kecantikan. 

Disamping kesehatan kuku dan bulu, biotin punya pengaruh terhadap metabolisme tubuh. Dikutip dari halosehat.com dengan asupan cukup akan vitamin B7, maka metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik, begitu juga pemeliharaan jaringan otot, kesehatan kulit, kesehatan jantung, kestabilan gula darah, dan juga kenormalan berat badan. Berikut adalah beberapa makanan yang mengandung biotin tinggi untuk bisa kita konsumsi sehari-hari.

Biotin juga membantu menormalkan metabolisme. Penting sekali metabolisme tubuh untuk pejuang brewok.

Biotin bisa didapatkan dari suplemen seperti Natrol atau Puritan. Tapi banyak juga dari brother yang ga mau minum-minuman suplemen seperti itu karena takut atau alergi, walaupun sebenernya aman sesuai anjuran. Lalu, adakah sumber biotin lainnya dari makanan sehari-hari? Tentu ada!

Ini dia sumber biotin dari makanan sehari-hari kita. Apa saja? Dikutip dari halosehat.com inilah berbagai sumber biotin dalam makan sehari-hari

  • Yogurt

Bukan hanya kaya protein, yogurt merupakan salah satu sumber biotin tinggi sehingga bisa menjadi asupan harian yang dapat meningkatkan kesehatan kulit maupun rambut. Greek yogurt adalah yang paling baik untuk dikonsumsi karena tak akan memberikan gula berlebih pada tubuh.

  • Daging Ayam

Daging ayam dikenal akan kandungan tinggi niacin atau vitamin B3-nya, namun bukan hanya itu saja, melainkan juga biotin yang mampu membantu meningkatkan metabolisme serta kesehatan kuku serta rambut kita. Pastikan untuk mengonsumsi daging ayam yang bebas antibiotik dan organik supaya lebih sehat bila diasup secara rutin.

  • Kembang Kol

Ada kandungan biotin sebanyak 0,2-4 mcg di dalam kembang kol dan tak hanya mineral serta vitamin C saja yang akan menjaga kesehatan tubuh. Kembang kol pun dikenal sebagai sumber makanan yang baik bagi jantung, jadi layak untuk dimasukkan ke dalam menu diet harian. Bahkan mengonsumsi kembang kol juga mampu menurunkan risiko kanker.

  • Alpukat

Sumber biotin berikutnya adalah alpukat di mana buah ini juga termasuk dalam makanan yang mengandung vitamin B9. Di dalam alpukat, kandungan biotinnya bisa sampai 2-6 mcg per buahnya dan bukan hanya baik bagi kesehatan kulit, buah ini mampu menjaga kesehatan tubuh kita secara menyeluruh.

  • Buah Berry

Mengandung 0,2-2 mcg biotin per cup, buah-buah berry berikut sangat bisa diandalkan dan perlu dikonsumsi rutin karena kaya akan biotin.

  • Raspberry
  • Stroberi
  • Cranberry

Jenis-jenis buah berry ini sangat baik bagi tubuh sehingga dapat dimasukkan ke dalam menu diet sehari-hari. Karena kaya akan sifat antioksidan, tentu perlindungan bagi tubuh yang ditawarkan dari buah-buah ini sangatlah besar.

  • Telur

Telur bukan hanya makanan yang mengandung protein tinggi, melainkan juga sumber makanan kaya biotin yang dapat membantu pertumbuhan rambut, khususnya bagian kuningnya dengan 13-25 mcg. Mengonsumsi telur bakal membantu otot lebih kuat berikut juga otak yang lebih sehat. Dengan konsumsi telur, bahkan risiko penyakit hati juga dapat menurun.

  • Ikan Sarden dan Salmon

Kandungan biotin juga ada di dalam sejumlah jenis ikan dan itu artinya, bukan hanya asam lemak omega-3 saja yang ada di dalam ikan. Di dalam jenis ikan sarden dan salmon yang telah dimasak, diketahui ada kandungan biotin sebanyak 4-5 mcg per 3 ons, jadi bisa untuk Anda konsumsi secara rutin bergantian dengan sumber biotin lainnya untuk mencukupi asupan biotin dalam tubuh.

  • Produk Susu

Bukan cuma kandungan kalsium saja yang tinggi, tapi pada produk susu juga kaya akan biotin. Dengan mengonsumsi produk susu di bawah ini, kita tak hanya akan terhindar dari osteoporosis atau juga masalah tulang lainnya, tapi juga kesehatan kuku dan rambut.

  • Keju cottage
  • Keju cheddar
  • Susu
  • Mentega susu

Baca juga:


  • Kacang Kedelai

Makanan dengan kandungan biotin tinggi lainnya adalah kacang kedelai yang per 10 gramnya mengandung 60 mg biotin. Bahan makanan ini tak termasuk mahal, namun untuk kesehatan kesuburan rambut serta kesehatan kuku dan kulit sangatlah besar manfaatnya. Bahkan untuk para penderita kolesterol tinggi dan risiko tinggi jenis-jenis penyakit jantung bisa mengonsumsi jenis kacang ini.

  • Kacang

Kacang-kacangan adalah pilihan yang baik apabila ingin menambah asupan biotin di dalam tubuh. Biotin sendiri akan meningkatkan kesehatan kita berikut memperindah kuku serta rambut kita secara alami. Selain 1,4-14 mcg biotin pada kacang-kacangan, asam lemak omega-3 pun sangat kaya di dalam sumber makanan ini.

  • Kacang tanah
  • Almond
  • Pecan
  • Kenari

Bila ingin merawat kesehatan kulit kepala sekaligus juga kuku, maka pilihan makanan ini adalah yang terbaik dan bisa dijadikan camilan sehat sehari-hari dengan memasukkannya ke dalam menu diet.

  • Jamur

Kandungan biotin di dalam jamur pun begitu besar dan untuk itulah mengonsumsi jamur akan sangat menguntungkan, terutama bagi orang-orang yang berisiko besar terkena penyakit hati, kanker dan diabetes. Jamur tak hanya bisa mencegah penyakit-penyakit tersebut, tapi juga dengan nutrisinya akan meningkatkan kesehatan tubuh, kulit dan rambut secara alami.

  • Tuna

Kaya akan vitamin B, omega-3, serta protein, tuna adalah sumber biotin lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Bahkan dengan mengonsumsinya secara berkala, obesitas, stroke, gula darah tinggi, kanker, dan juga imunitas yang rendah bisa dicegah dengan baik. Kebugaran tubuh juga akan terjaga baik dengan konsumsi tuna setiap minggunya.

  • Daging dan Hati Sapi

Sumber biotin lainnya yang cukup tinggi adalah dari daging sapi serta hati sapi. Selain biotin, kandungan besi dan juga magnesiumnya termasuk besar sehingga mengonsumsi keduanya akan mampu menambah darah, memperbaiki sel-sel tubuh, memroduksi hormon dalam tubuh, serta menjadi peningkat energi yang alami.

  • Selai Kacang

Bukan hanya kacang-kacangan mentah saja yang baik dikonsumsi ketika tubuh membutuhkan asupan biotin, melainkan selai kacang juga kaya akan kandungan biotin. Meski begitu, selai kacang juga termasuk makanan yang mengandung kalori tinggi sehingga perlu untuk membatasi konsumsinya bila ingin menjaga berat badan.

  • Pisang

Kita tahu betul bahwa pisang adalah salah satu makanan yang mengandung kalium tinggi, namun kandungan biotinnya juga tinggi berikut juga vitamin dan mineral lainnya. Mengonsumsi pisang bisa menjaga tekanan darah tetap normal, menurunkan risikoserangan jantung, serta membantu mengurangi potensi stroke sekaligus mengatasi gangguan pencernaan.

  • Biji Bunga Matahari

Ada banyak kandungan mineral penting di dalam biji bunga matahari, termasuk juga vitamin seperti biotin. Selain menambah energi tubuh, mengonsumsi biji-bijian ini akan mencegah diabetes dengan baik serta menormalkan kadar gula dalam darah.

  • Sayur Lainnya

Beberapa jenis sayuran lainnya juga diketahui ber-biotin tinggi dengan kandungan sekitar 2-6 mcg biotin di dalamnya, seperti:

  • Kubis
  • Mentimun
  • Legume

Kita bisa mengonsumsinya secara mentah atau dimasak tergantung dari selera masing-masing orang. Untuk bisa memperoleh khasiatnya dengan baik, maka mengonsumsi setiap hari lebih disarankan.

Nah itu dia informasinya. Jadi buat yang kepengen hemat atau ga mau nambah suplemen bisa konsumsi biotin dari sumber makanan di atas. Kalo ada yang mau tambahin, bisa di kolom komen ya! 🙂 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *